Parents.JPG

Ayah bunda yang saya hormati, hakikinya mendidik anak adalah murni tugas dari para orang tua. Akan lebih bijaksana jika kita terlebih dulu mengajarkan ilmu dengan memberikan keutamaan melalui pendidikan Agamanya.

Sebagaimana diriwayatkan dalam Hadist, Rasullullah SAW bersabda :

“ Ilmu (yang wajib dicari ) ada tiga, Selainnya adalah kefadholan (tambahan), Yaitu Ayat yang dijadikan hukum (Alqur’an), Sunnah yang ditegakkan (Alhadist) dan Ilmu Pembagian Waris yang Adil” HR. Abu Daud

 

Pendidikan Keagamaan kepada anak, dengan cara ;

  1. Memantapkan Akidah (Keimanannya)

Iman kepada Allah, Iman Kepada Malaikat, Iman Kepada Kitab-kitab Allah, Iman kepada Rasul, dan Iman Kepada Hari Akhir serta Iman kepada Qodho dan Qodhar. Sebagai tatanan akidah yang benar dan sebagai modal dasar anak dalam mengarungi kehidupannya. Dengan akidah yang kuat maka anak akan mampu menjaga dirinya dari pengaruh-pengaruh negatif.

Orang tua hendaknya menumbuhkan rasa cinta kepada Allah, Rasul serta cinta kepada orang-orang yang salih, Senang dengan kisah-kisah Nabi dan Rosulnya, serta kisah teladan para sahabat-sahabatnya dan ulama-ulama yang salih, senang mendatangi majelis ilmu.

Dengan ditanamkannya akidah yang baik sejak kecil, tentunya sebagai anak yang saleh dan salehah akan membalas budi baik serta membahagiakan orang tuanya didunia sampai akhirat.

Mendidik Anak.jpg

Terlebih lagi bahwa Allah SWT telah memberikan gambaran keutamaan memiliki anak yang saleh dan salehah,

 

Sebagaimana firman Allah SWT.

Dan orang-orang yang beriman dan anak-anaknya mengikuti mereka dengan keimanan, maka kami akan menyusulkan anak turun mereka kepada derajat mereka disurga. Dan Kami tidak mengurangi pahala anak mereka (orang tua) sedikit pun. Setiap orang digadaikan dengan perbuatannya”. Surat Tur- ayat 21

 

Dan Sabda Rasullullah SAW,

Ketika manusia meninggal, maka putuslah semua amalannya kecuali tiga perkara : Sodaqoh yang mengalir, Ilmu yang diambil manfaatnya, dan anak saleh yang mendoakan orang tuanya” HR. Muslim

 

  1. Memperbaiki Akhlaknya

Pembinaan akhlak juga harus dilakukan sejak masa kanak-kanak. Perlu diingat bahwa orang tua adalah yang pertama kali mengajarkan bagaimana anak berbicara dan bersikap. Orang tua adalah yang pertama dicontoh oleh anak dalam perilaku kesehariannya. Akhlak anak bergantung bagaimana orang tua menyiapkan dan menanamkannya .

Jangan sampai orang tua menyalahkan lingkungannya walaupun memang lingkungan sangat mempengaruhi anak terutama masa remaja, namun Jika sejak kecil sudah berada dalam pengawasan dan bimbingan orang tua maka saat remaja Anak akan lebih mudah di arahkan.

 islamic-parenting-parenting-islam.png

  1. Merajinkan Ibadahnya

Ibadah yang harus diperhatikan adalah sholatnya. Hal ini dicontohkan oleh sahabat Lukman ketika menasehati pada anaknya;

“Hai Anakku, dirikanlah shalat dan perintahlah (kepada Manusia) untuk mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan Munkar, dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa pada kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara-Nya”. (Surat Luqman Ayat 17)

               

Dan diperkuat oleh Sabda Rasullullah SAW,

Perintahlah anak kecil untuk (mengerjakan) shalat ketika telah berumur 7 tahun, dan ketika telah berumur 10 tahun maka pukullah dia karena meninggalkan shalat”. HR. Abu Daud dalam Catatan Sholat

Selain perintah dan ajakan untuk mengerjakan shalat, orang tua juga mengajarkan tentang ibadah sunnah lainnya seperti, menanamkan cinta untuk membaca Alquran, Mendatangi Majelis Ilmu (Mengaji) dan senang mendengarkan ceramah/ nasehat agama, termasuk pula senang bersedekah membantu orang lain. Semua itu harus dilakukan dengan Memberi Contoh secara Langsung  kepada Anaknya.

Mencontohi.gif

 

Parents2.JPG

Semoga Bermanfaat,

Salam,

SHR.

 

Sumber ;

Makalah Cinta Alam Indonesia 2012 Permata XXXIII

Advertisements