1

Pernah dengar istilah Nomofobia…?

Menurut Wikipedia, Nomofobia adalah suatu sindrom ketakutan jika tidak memiliki telepon genggam/ merasa gelisah ketika jauh dari HP/ Smartphone.

2.jpg

Istilah ini pertama kali muncul pada tahun 2010, dimana suatu penelitian yang dilakukan oleh YouGov dalam rangka meneliti tentang kegelisahan yang dialami oleh 2.163 orang pengguna telepon genggam.

Ada yang membagi Nomofobia dibagi berdasarkan faktor penyebabnya yaitu ;

  1. Game Addicted (Kecanduan Game)

Ketergantungan seseorang terhadap game

3.jpg

2. Sindrome FoMo (Fear of Missing Out)

Ketergantungan seseorang terhadap jejaring sosial, Tipe orang ketergantungan yang sangat ketika seorang itu tidak terhubung ke media sosial.

4.jpg

Ciri-ciri orang yang sudah mengalami Nomofobia diantaranya;

  1. Mudah Stres.

Ketika ponsel/Hp jauh dari pengguna, maka tingkat stress/ emosional menjadi tidak stabil, mudah marah dll.

  1. Kurang Fokus,

Penderita Nomofobia sangat terikat dengan gadgetnya. Sehingga menyebabkan fikirannya hanya berfokus kepada gadgetnya. Ketidakfokusan dalam melaksanakan pekerjaannya akan sangat membahayakan orang lain jika dia sedang melakukan pekerjaan yang berbahaya seperti; menyetir, membawa alat berat dsb.

Hasil penelitian di Amerika pada tahun 2012, 26% Kecelakaan dijalan terjadi karena tidak fokusnya pengendara akibat penggunaan gadget.

1500 pejalan kaki menjadi terluka akibat pengendara yang tidak fokus akibat HP/ Ponsel.

5.jpg3.  Anti sosial

Waktu yang dihabiskan oleh penderita Nomofobia adalah membuka jejaring sosial,         atau bermain game. Mereka merasa bahagia dalam dunia maya.

Penderita Nomofobia mengutamakan interaksi dunia maya dibandingkan komunikasi dalam dunia nyata.

6.jpg

Dampak buruk dari Nomofobia diantaranya adalah;

  1. Insomnia

Perasaan tidak ingin berpisah dengan Hp secara tidak langsung akan mengusir rasa kantuknya. Penderita Nomofobia biasanya tidur tidak jauh dari ponselnya.

7.jpg

2. Kesehatan Menurun.

Waktu tidur yang berkurang atau kualitas tidur yang tidak baik akan menimbulkan ketidakseimbangan metabolisme didalam tubuh yang bermuara pada menurunnya tingkat kesehatan pada tubuh.

3. Kemungkinan terkena kanker payudara dan kanker Prostat.

Kebiasaan buruk dengan menyimpan HP didalam saku bagian dada dapat menyebabkan radiasi Hp menembus jaringan kelenjar susu serta memicu pertumbuhan  sel kanker pada jaringan payudara. Sama buruknya dengan menyimpan HP didalam saku celana, yang akan memicu pertumbuhan sel kanker pada jaringan Prostat.

4. Memicu penyakit Katarak.

Hp yang diletakan dekat telinga selama berjam jam menyebarkan gelombang radiasi buruk kedalam rongga telinga dan menghambat sirkulasi darah sekitar mata. Tanpa kita sadari kornea mata akan kehilangan kemampuanya mengatur suhu dan air alami diarea mata akibat paparan suhu panas yang diakibatkan oleh radiasi hp. Mat yang terus kontak dengan suhu panas radiasi hp akan menimbulkan pemadatan kabut secara perlahan lalu mengalangi kornea sehingga membentuk katarak.

8.jpg

 

Semoga Bermanfaat,

 

Salam,

Shr.

Advertisements