Matic Lover

Apa kabarnya bro sekalian,

Saat ini motor matik hampir dipakai oleh semua kalangan, pria, wanita, Orang Tua, Remaja, bahkan sampai dipakai oleh Anak-anak yang belum cukup umur.

Motor matik menjadi terkenal karena beberapa alasan, diantaranya fungsionalitas, irit, lincah dan simpel. Cukup lincah jika dipakai diperkotaan yang banyak kemacetan.

Namun dibalik kelebihan fungsional diatas, tidak jarang para pemakai motor matik juga sering mengabaikan perawatan motor matik itu sendiri. Sehingga banyak dijumpai motor matik yang boros, berisik pada beberapa bagian bahkan rusak parah.

2.png

Rusaknya motor matik bisa disebabkan karena Perilaku/ Kebiasaan buruk dari pemakai itu sendiri, diantaranya;

  1. Memegang tuas rem tanpa sadar secara terus menerus.

Kebiasaan yang dilakukan tanpa disadari oleh pengguna matik, secara terus menerus menambah beban kerja mesin terutama sabuk/ V-Belt CVT. Sehingga bisa dipastikan bahwa umur pemakaian V-Belt/ Sabuk CVT akan berkurang drastic akibat beban kerja berlebih ini.

3.png

  1. Jarang Melakukan Pemeriksaan Rutin

Wajib hukumnya melakukan pemeriksaan rutin pada kendaraan. Namun karena kebanyakan pengguna motor matik adalah orang-orang dengan mobilitas tinggi(sibuk…), sehingga pemeriksaan rutin/ perawatan rutin jarang dilakukan. Yang penting motor masih bisa hidup/ stater …greng…jalan.

4.png

Siapkan waktu sebentar untuk memeriksa kondisi matik diantaranya;

a. Periksa Kondisi oli mesin, ganti jika sudah melebihi 4000km atau setiap 2bulan sekali.

b. Periksa kondisi aki, charge bila Arusnya kurang.

c. Periksa Kondisi CVT, periksa kondisi V-Belt pada CVT, apakah sudah getas/ rompal. Segera ganti jika umur v-belt lebih dari 24.000km atau setahun pemakaian.

5.pngPeriksa juga kondisi roller pada CVT, biasanya penggantian roller bersamaan dengan penggantian V-Belt.

6.png

 3 . Menurunkan gas disaat jalan turunan secara tiba-tiba.

7.png

Karena prinsip kerja CVT berdasarkan kecepatan mesin/ sentrifugal pada drive pulley,

Dengan menurunkan gas disaat jalan turunan secara tidak langsung menghilangkan efek sentrifugal dari drive pulley, dan bukan tidak mungkin akan merusak komponen pada drive pulley, seperti Weight/ pemberat, Cam, roller dan slider.

Oleh karena itu, menurunkan gas secara tiba-tiba pada jalan turunan sangat tidak dianjurkan.

Semoga bermanfaat,

Salam,

Advertisements