Apa kabarnya bro sekalian,

Artikel ringan mengenai cara kerja mesin CVT/ Continous Variable Transmission, yaitu transmisi yang digunakan pada mesin matik/ skutik…(Punya motor matik tapi nggak tau cara kerjanya…he he he)

A. Pengertian CVT menurut Wikipedia;

“CVT adalah sistem transmisi daya dari mesin menuju ban belakang menggunakan sabuk yang menghubungkan antara drive pulley dengan driven pulley”.

B. Bagian-bagian dari CVT,

CVT terdiri dari 3 bagian  yaitu :

  1. Drive Pulley (Pully Penggerak/ sumber tenaga)
  2. V Belt (Sabuk Penerus Daya)
  3. Driven Pulley (Pully yang digerakkan)

Bagian CVT.gif

 

C. Prinsip Kerjanya

Ada 3 kecepatan putaran dalam CVT, dapat dilihat dari Animasi berikut;

1.  Saat Kecepatan Torsi

Pada Tahap ini, torsi sangat dibutuhkan, sehingga Drive Pulley mengecil untuk mendapatkan torsi yang diinginkan.

Putaran1.gif

2.  Putaran Menengah

Pada Tahap ini, mulai beralih kepada kebutuhuan “kecepatan’, sehingga Drive Pulley, berangsur angsur bergerak melebar, dan Driven pulley bergerak mengecil.

Putaran 2.gif

3. Putaran Tinggi.

Pada tahap ini, “Kecepatan” dari mesin sangat dibutuhkan sehingga mendorong Drive Pulley semakin melebar dan driven pulley semakin mengecil.

Putaran 3.gif

 

Semoga bisa menambah wawasan bagi bro semua.

Berikutnya akan saya buatkan artikel mengenai “Kebiasaan Buruk Pengguna Matik”, ditunggu aja ya bro….

Salam,

 

Shr.

Advertisements